Halaman

Minggu, 30 September 2012

Terhimpit Ekonomi, Warga Kembali ke Timor Leste


ATAMBUA, KOMPAS.com - Karena kondisi ekonomi yang kian hari semakin memburuk, sebanyak 6 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 18 orang warga eks Timor Timur yang sejak tahun 1999 telah menetap di Naibonat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur dan memilih menjadi warga negara Indonesia, terpaksa harus pulang kembali ke kampung halamannya di Desa Caicua, Kecamatan Vermasse, Distrik Baucau, Timor Leste, Sabtu (29/9/2012) kemarin.

Hal tersebut dikatakan oleh wakil koordinator Circle of Imagine Society (CIS) Timor, wilayah Atambua. Deonato Moreira, Minggu (30/9/2012). Menurut Moreira, selain faktor ekonomi, alasan warga eks Timtim kembali ke Timor Leste yakni budaya ingin dekat dengan keluarga di tanah kelahirannya dan mereka ingin menghabisi masa tuanya bagi yang sudah berusia lanjut.

"Pada tanggal 29 September 2012 kemarin, teman-teman dari Timor Leste yang tergabung dalam Grupu Fila Hikas Knua yang menjemput mereka di perbatasan Motaain dan membawa mereka sampai ke rumah mereka masing-masing," kata Moreiro.

Proses pemulangan tersebut kata Moreiro adalah hasil kerjasama CIS, Forum Peduli Perempuan Anak (FPPA) Belu, Komado Distrik Militer (Kodim) Belu, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Belu. Proses tersebut memakan waktu antara tiga sampai lima bulan karena hal tersebut adalah repatriasi mandiri yang butuh kelengkapan administrasi dan verifikasi data.

"Prosesnya mereka yang masukan data bagi KK yang ingin pulang, lalu kita tindaklanjuti dengan wawancara tentang alasan kepulangan, kemudian kita klarifikasi data, selanjutnya pengurusan surat dari Desa atau Kelurahan dengan mengetahui Camat dan kepengurusan surat di Dinas Kependudukan serta surat serah terima oleh Kodim Belu," jelas Moreiro.

Lanjut Moreiro, kerjasama untuk memulangkan warga eks Timtim sejauh ini khusus untuk CIS sudah dilakukan sebanyak empat kali, sedangkan FPPA di Atambua hampir setiap bulannya ada satu atau dua KK yang dipulangkan.
Sumber : Kompas.com
Penulis : Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere 
Editor : Tri Wahono
Keterangan Foto : KOMPAS/KORNELIS KEWA AMA, Ribuan warga eks pengungsi Timtim berkumpul di Kota Belu, NTT, beberapa waktu lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar